Kriteria Visi yang baik bagi Pemimpin Perusahaan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Disebuah Perusahaan ataupun organisasi sering dijumpai suatu visi atau misi.Hal tersebut tentu berguna bagi kelangsungan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi. Suatu organisasi yang tidak memiliki visi dan mis yang jelas, Tentulah akan berdampak pada keadaan yang tidak terkontrol serta tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai masa depan sebuah organisasi. Oleh karenanya seorang pemimpin sebaiknya membuat sebuah visi yang jelas. Pemimpin merupakan inspirator perubahan dan visioner, yang memiliki peran untuk memberikan arahan yang jelas pada sebuah organisasi.

 

Visi merupakan sebuah daya ataupun kekuatan untuk melakukan suatu perubahan yang mendorong terjadinya proses suatu kreatifitas dari orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut. Terdapat dua aspek mengenai visi, yakni Visionary role dan Implementation Role. Artinya pemimpin tidak hanya mampu membangun atau menciptakan visi bagi sebuah organisasi, namun juga mempunyai kemampuan untuk menerapkan visi tersebut kedalam suatu rangkaian yang diperlukan guna mencapai visi tersebut

 

Contohnya adalah sebuah Perusahaan Iklan memiliki Visi "Menjadi salah satu perusahaan iklan yang terdepan dan inovatif dalam memajukan usaha produk dari client" untuk mewujudkan visi tersebut, manajer iklan beserta karyawan mulai menyusun dan membuat serangkaian kegiatan manajemen invoasi terpadu meliputi bagaimana merancang suatu iklan agar bisa menarik konsumen. Didalam hal ini Manajer iklan memiliki peran yang sangat penting dalam hal dukungan komunikasi yang efektif dengan client dan karyawan perusahaan iklan. Komunikasi ini berkaitan dengan manajemen 

 

Seorang pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan harus bisa menentukan arah yang jelas bagi bawahannya agar dapat mengoptimalkan kinerja tim sehingga berhasil mencapai tujuan bersama. Inilah yang dinamakan visi.

 

Visi dapat juga didefinisikan sebagai sekelompok ide yang dapat menggambarkan kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang, dimana organisasi atau perusahaan akan bergerak dan dibawa menuju ke kondisi tersebut. Visi bukan hanya menunjukkan arah, tetapi juga memberi inspirasi dan menjadi sumber kekuatan bagi para penggerak di dalamnya.

 

Lantas, apa sajakah kriteria visi yang baik? Berikut 6 diantaranya:

 

Imaginable (dapat dibayangkan)

 

Desirable (menarik)

 

Feasible (realistis dan dapat dicapai)

 

Focused (jelas)

 

Flexible (aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan)

 

Communicable (mudah dipahami)

 

Keenam kriteria di atas dapat Anda jadikan dasar untuk menentukan visi dan memberikan arah bagi keberhasilan organisasi atau perusahaan Anda di masa depan. Pertanyannya, sudah siapkah Anda mewujudkannya?