Menjadi Pemimpin yang berkualitas

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apa yang ada dibenak karyawan anda jika perilaku pemimpin mereka tidak selaras dengan apa yang diucapkannya ? Pastilah mereka akan mempertanyakan apakah sosok yang selama ini mereka jadikan panutan sudah pantas disebut sebagai pemimpin. Hal ini tentunya akan menjadi bumerang bagi pemimpin itu sendiri. ia akan kehilangan rasa hormat dan kepercayaan dari bawahannya dan bahkan mungkin mereka tidak lagi menaruh aspek kepadanya.

Agar kepemimpinan berjalan efektif, seseorang pemimpin harus mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan dari orang yang ia pimpin. Rasa hormat maupun kepercayaan ini, baru bisa diperoleh ketika kita melihat sosok yang membuktikan apa yang selama ini dia ucapkan.

contohnya, jika kita melihat orang yang selalu bicara tentang kejujuran atau intergritas, maka yang kita harapkan adalah apa yang ia sampaikan tersebut terwujud dalam perilaku atau tindakannya sehari-hari.

Walk the talk adalah sikap dimana seseorang pemimpin membuktikan apa yang dia ucapkan dengan perilaku yang selaras dengan ucapannya tersebut , walk the talk mencerminkan karakter seseorang pemimpin berkualitas yang selalu konsisten dalam perkataan maupun perbuatan.

Namun, untuk bisa disebut good leader/ pemimpin yang baik tidak cukup hanya dengan walk the talk saja. Pemimpin juga harus mempunyai visi yang jauh ke depan tentang organisasi yang dipimpin maupun keterampilan dalam mengelola dan mengarahkan organisasinya tersebut.

Jadi, walk the talk adalah salah satu faktor kunci, disamping hal-hal lain yang juga perlu dilakukan agar seorang pemimpin bisa menjadi sosok panutan yang dihormati dan disegani oleh bawahannya