Refreshing Tingkatkan Produktivitas kerja

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Terlalu sibuk dengan rutinitas pekerjaan terkadang menjemukan. Lebih parah lagi, kejenuhan berdampak menurunnya produktivitas kerja. jadi untuk itu diperlukan cara yang tepat untuk mengembalikan semangat kerja dengan mengambil cuti kerja untuk refreshing sejenak. 

Berdasarkan teori psikonalisis dari Siqmund Freud bahwa manusia itu terbagi atas dua dorongan hidup, yakni dorongan hidup dan dorongan mati. Dorongan hidup meliputi kegiatan menyenangkan, bahagia, menyalurkan hobi, termasuk libur dalam pekerjaan. Sementara dorongan mati merupakan hal yang terus - menerus dikerjakan, misalnya seseorang yang bekerja secara berlebihan (workaholic).

Menurut dosen Psikologi Dr Muhammad Ghazali Bagus Ani Putra SPsi bahwa kedua hal tersebut membawa dampak tersendiri. Kalau seseorang memilih workaholic, maka bisa berdampak pada kebosanan dan berujung depresi. "Seseorang yang workaholicsehingga tidak memikirkan liburan, maka dia akan kehilangan gairah bekerja (loss of novelty)," jelasnya.

PENTING REFRESHING

Dorongan hidup, lanjut Ghazali, adalah hal yang membuat kita senang. Misalnya dengan refreshing atau cuti liburan. Hal ini untuk mengurangi kekurangan gairah kerja. Sebab jika tubuh diforsir untuk terus bekerja, maka akan terasa bosan. Melakukan pekerjaan tanpa kreatifitas dan tidak dengan penjiwaaan.

Dosen Universitas Airlangga ini menambahkan bahwa ada dua jenis refreshing yakni fisik dan psikis. Ketika manusia mengalami kelelahan fisik, secara psikis akan berpengaruh, begitu juga sebaliknya.

"Misalnya, seseorang yang lelah fisik, akan mempengaruhi psikis. Mungkin ia akan menjadi lebih cepat marah dengan permasalahan yang kecil. Begitu juga sebaliknya, kalau ada orang yang lagi grogi atau nervous, bisa membuat perut mulas dan bolak - balik ke kamar mandi," imbuhnya.

Nah, tujuan refreshing adalah menyegarkan kembali badan dan pikiran, serta mendapatkan ketenangan. Begitu juga dengan psikis. Ketika sudah berlebihan, maka pikiran juga perlu refreshing. Misalnya dengan melakukan hal - hal yang disukai, menjalankan hobi dan semisalnya.

KURANGI KECELAKAAN KERJA

Liburan diperlukan untuk menyeimbangkan waktu kerja. Biasanya memang pihak dari perusahaan memberikan waktu untuk libur setelah bekerja selama seminggu. Ini merupakan liburan yang reguler. Bagus kembali menuturkan, waktu untuk liburan ini harus reguler. Misalnya, dalam seminggu pihak perusahaan bisa memberikan waktu dua hari untuk refreshing. Lalu bagaimana jika seseorang ingin mengambil jatah liburannya untuk liburan akhir tahun agar mendapatkan jatah libur yang panjang ? Apakah hal ini lebih efektif atau justru akan membawa dampak yang negatif, karena terlalu lama bekerja tanpa libur.

Menurut Psikolog, asal Yogyakarta ini, bekerja yang terlalu, tanpa ada libur justru akan membuat seseorang akan berada pada masa loss of novelty (kehilangan semangat kerja). Hal ini justru tidak efektif, karena harus menunggu waktu yang lama, sementara tubuh juga perlu refreshing.

Tidak jarang juga bisa menimbulkan kecelakaan kerja, karena tidak pernah libur atau refreshing. Berdasarkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan, 90% kecelakaan kerja karena unsafe behavior (perilaku  dan 10% karena unsafe condition (keadaan).

Misalnya, lama tidak mendapatkan liburan. Pada saat bekerja menjadi tekanan, malah tidak mendapatkan hasil maksimal, ini juga salah satu bentuk kecelakaan kerja. Makanya perlu dilakukan liburan untuk mengembalikan semangat kerja. Ia memberikan tips untuk melakukan liburan atau refreshing dengan cara mencari aktivitas yang bisa menenangkan fisik dan psikis.

"Yang perlu dipahami oleh pemilik perusahaan dan karyawan adalah liburan atau refresh ini yang bisa membuat seseorang menjadi segar dan produktif lagi. Sama saja, meskipun liburan jatuh, tapi tidak menikmati dan membuat perasaan tidak tenang. Itu bukan tujuan utama." pungkasnya.

Bagi anda yang ingin melakukan outbound training untuk perusahaan,instansi,atau organisasi dan membangun semangat kerja yang tinggi untuk perusahaan anda dengan suasana alami dan outbound dengan harga murah? anda dapat menghubungi kami di +62 31 372 0360-ext(227) atau marketing@lembahtentrem.com.