Memahami Tujuan dari Outbound Team Building

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Outbound team building sekarang menjadi salah satu tujuan perusahaan/organisasi dalam meningkatkan kinerja dan performa anggota/karyawan yang lebih baik lagi dan outbound team building.Definisi dari team building sendiri pada prinsipnya adalah sebuah aktivitas secara berkelompok yang saling berinteraksi untuk meningkatkan produktivitas dan kemampuan kelompok tersebut,di dalam menuntaskan/menyelesaikan tugas secara bersamaan melalui serangkaian aktivitas yang dirancang untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan sebelumnya.

     Untuk menyesuaikan tujuan dan masalah spesifik yang dihadapi tim,aktivitas yang bisa dilakukan dalam team building adalah menekankan pada aktivitas tertentu saja atau keseluruhan dari aktivitas berikut:

1. Penyusunan sasaran yang ditujukan untuk mengatasi perbedaan persepsi tujuan tim,mengevaluasi prioritas dan mencapai sasaran,mengidentifikasi area yang berpotensi menjadi masalah.

2. Membangun hubungan interpersonal antar anggota tim,kompetensi yang dibutuhkan adalah empati sosial,membangun hubungan,kepemimpinan dan kolaborasi.

3. Analisis peran yang bertujuan untuk mengklarifikasi dan mengidentifikasi peran setiap anggota tim pekerjaan mereka yang sesunguhnya, dan tugas spesifik yang mereka harapkan untuk dikerjakan.

4. Analisis proses tim dilakuukan dengan menganalisis proses kunci yang terjadi di dalam tim untuk mengidentifikasikan cara kerja dan bagaimana proses ini dapat diperbaiki untuk membuat tim lebih efektif.

5. kemampuan beradaptasi dengan kondisi dan tuntutan yang berubah.Kompetensi yang dibutuhkan antara lain adalah fleksibilitas dan kemampuan tim dalam memecahkan masalah secara terstruktur atau dengan mengikuti format berpikir kritis.

Outbound team building adalah kegiatan pelatihan diluar atau di alam terbuka(outdoor) yang menyenangkan dan penuh tantangan,bentuk kegiatanya berupa simulasi kehidupan melalui permainan-permainan(Games) yang kreatif,rekreatif dan edukatif baik secara individual maupun dengan tujuan untuk pengembangan diri(personal development)maupun kelompok(team development). Melalui kegiatan outbound team building diharapkan lahir semangat tinggi,berani,percay diri,berpikir kreatif,memiliki rasa kebersamaan,bertanggung jawab,kooperatif rasa saling percaya(trust),dan masih banyak lagi nilai-nilai positif yang akan didapatkan baik secara individu maupun team setelah mengikuti program ini.

Tujuan dari Outbound Team Building adalah:

- Membangun pola kepemimpinan yang lebih kuat dan lebih efektif 

-membentuk gaya kepemimpinan yang lebih sesuai dengan kelompok tersebut.

-Membentuk komunikasi 2 arah yang lebih efektif antara pimpinan dan anggotanya

-Perbaikan kinerja individu dan kelompok dalam mencapai sasaran

-komunikasi sesama anggota team menjadi lebih efektif dan terbuka 

-Merubah dan merespon kelemahan masing - masing personil menjadi kekuatan secara kelompok 

-memecahkan masalah antar pribadi sesama anggota team/kelompok secara kebersamaan. setiap pertemuan team /kelompok menjadi lebih terstruktur dan efektif

-Hasil pertemuan akan lebih dapat diterima dan terdistribusi dengan baik oleh anggota

-komitmen dalam bekerja akan lebih kuat dalam mencapai target -target baru

Bagi anda yang ingin melakukan outbound training untuk perusahaan anda dan membangun semangat kerja yang tinggi untuk perusahaan anda dengan suasana alami dan outbound dengan harga murah? Anda dapat menghubungi kami di +62 31 372 0360- ext (227) atau  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..