Efektivitas Outbound Management Training

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Dalam outbound sendiri ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk menjaga sebuah outbound training dapat terlaksanakan secara efektif dan sesuai dengan tujuan, berikut ini adalah kriteria agar outbound training menjadi efektif adalah sebagai berikut :

1.     Perlu adanya acara yang terstruktur

Supaya peserta outbound training bisa mengenal satu sama dengan lainnya, harus ada acara khusus yang di desain untuk itu, Masalahnya ,acara outbound training biasanya diadakan ketika liburan,waktu yang biasanya dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk beristirahat bersama keluarga ataupun kerabat dekat.Jika selama outbound training penuh dengan acara permainan yang tidak memberikan kesempatan istirahat,peserta justru akan kelelahan dan tidak menikmati outbound training sebagaimana mestinya.Di samping itu,harus pula ada keseimbangan antara waktu untuk acara khusus dengan waktu untuk santai.santai .Tentang berapa persen waktu yang sebaiknya digunakan untuk acara bebas,sangat bervariasi,tergantung karakter para peserta outbound training itu  sendiri sehingga pengembangan SDM lebih terpusat.

2.     Akomodasi terpusat

Untuk penginapan,usahakan pilihlah tempat yang membuat para peserta dapat berkumpul bersama,misalnya di villa.Hotel adalah pilihan yang kurang bagus karena para peserta akan terpencar dan akhirnya mereka akan menghilang sendiri – sendiri dan susah diajak untuk mengikuti acara bersama.

3.     Komitmen dari pemimpin

Jika kita berada dalam sebuah perusahaan,pastinya kita akan melibatkan seorang pemimpin. Tapi sayangnya,tidak semua bos bisa mengerti bahwa outbound training  itu penting.Ada beberapa atasan biasanya akan memberikan kata sambutan terlalu panjang. Mereka datang ke lokasi belakangan naik mobil pribadi, sementara peserta lainnya naik bus, mereka juga memaksakan acara-acara dengan porsi berlebihan.pada umumnya bis seperti ini Cuma mau nonton tanpa mau terlibat dalam permainan. Hal ini merupakan elemen yang sangat berbahaya bagi kesuksesan sebuah outbound training,termasuk berpartisipasi dalam aneka game konyok didalamnya. Semangat outbound training membuat semua orang menjadi menyenangkan termasuk para bos.

4.     Apakah perlu mengajak  keluarga dalam outbound

Membahas soal perlu atau tidaknya keluarga diajak saat outbound training,memang masih menjadi pro dan kontra. Tetapi seseorang biasanya lebih suka bila acara outbound training tidak melibatkan keluarga. Alasannya bila masing-masing peserta outbound keluarga,mereka justru hanya akan sibuk mengurus keluarganya.Mungkin ada anaknya sakit,bertengkar dengan anak orang  ataupun kejadian yang lain-lain, hal ini tentu akan menghambat proses interaksi antara peserta outbound training .Pada akhirnya program pengembangan SDM yang kita rencanakan tidak akan berjalan lancar.

5.     Keterlibatan para peserta Outbound Training dalam proses

 

Berdasarkan pengalaman kebanyakan orang keterlibatan peserta berbading lurus dengan kesuksesan outbound training. Peserta outbound yang dilibatkan sejak awal. Misalnya dengan polling untuk menentukan lokasi outbound training , biasanya akan lebih antusias untuk berpartisipasi.Selain itu,peserta yang membiayai kegiatan outbound dengan cara iuran biasanya akan lebih antusias untuk ikut daripada yang hanya terima beres dan 100% biaya ditanggung kantor/perusahaan. Kunci sebenarnya adalah bagaimana cara membuat peserta outbound training.

Bagi anda yang ingin melakukan outbound training untuk perusahaan anda dan membangun semangat kerja yang tinggi untuk perusahaan anda dengan suasana alami dan outbound dengan harga murah? Anda dapat menghubungi kami di +62 31 372 0360- ext (227) atau  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. Ayo Gabung di Outbound Lembah Tentrem kami menerima outbound untuk di indonesia