Spider Web

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Game Outbound Jaring Laba-laba atau biasa disebut Spider Web merupakan permainan outbound standar yang biasa disediakan di beberapa lokasi outbound training. Game Outbound "Spider Web" bertujuan untuk mengasah kemampuan: kerjasama, ketangkasan, manajement, penetapan unsur prioritas, kejelian, ketelian, serta leader ship. Seluruh peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan dibantu rekan yang lain. Meskipun permainan ini sudah begitu familliar di kalangan outbouners, tetapi game jaring laba-laba masih dipercaya ampuh untuk membangun semangat team work dalam kelompok. Tak jarang beberapa trainer outbound masih menggunakan permaianan ini sebagai andalan dalam outbound. Karena game ini termasuk dalam permainan outbound yang tidak mudah, beberapa peserta terkadang masih dibuat kerepotan dengan games ini.

Aturan Main

1. Tidak boleh melalui lubang yang sudah pernah dilalui.

2. Badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat.

3. Tidak boleh melakukan lompatan.

Permainan Outbound Spider Web hanya menggunakan alat - alat sederhana, seperti;

1. Tali pramuka atau rafia.

2. Dua buah batang bambu dengan tinggi kurang lebih 3 meter, atau bisa juga menggunakan 2 pohon yang letaknya berdekatan.

3. Cara membuatnya pun mudah, dengan membuat semacam jaring dengan ukuran persegi kurang lebih 60 cm dibuat secara bertingkat. Bagian         bawah jaraknya kira - kira 30 cm dari tanah. Bentuk dan ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan jumlah peserta outbound training.

Tujuan permainan spider web / jaring laba- laba adalah dapat bekerja sekalipun dibawah tekanan dan dapat membangun kelompok secara aktif. Sekaligus memberi kesempatan secara kelompok untuk menetapkan komitmen sesuai dengan tujuan hidup yang telah dibuat untuk masa depannya 

Teaching trik  permainan ini adalah Sinergi antar tim dan intra tim,Mengembangkan komunikasi efektif antar tim dan intra tim, Mengembangkan strategi bersama, Membangun kepercayaan diantara anggota tim,Melaltih proses pemacahan masalah, Mengerti kebutuhan akan adanya koordinasi seorang pemimpin dan kesediaan menerima masukan dari anggota,Memahami saling ketergantungan antar sesama anggota kelompok.