Jenis – Jenis Permainan Outbound yang Sesuai Untuk Anak – Anak

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Outbound menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan tidak hanya  diperuntukan untuk orang dewasa saja tetapi juga di peruntukan untuk anak-anak. Salah satu kegiatan yang menyenangkan,seru, dan dapat mengembangkan kemampuan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar adalah dengan outbound, banyak  permainan yang menyenangkan dan  bermanfaat bagi  perkembangan anak.

                Dengan Permainan Outbound yang dilakukan di alam terbuka bisa membuat anak  lebih dekat dengan alam, manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dengan outbound yaitu  melatih motorik kasar anak, sprotivitas,kepemimpinan,keberanian,kedisplinan, kerjasama.

Kini banyak penyedia jasa outbound training yang diperuntukan untuk anak. Berbagai paket outbound ditawarkan dengan harga murah dan berkualitas, mulai perorangan atau pun kelompok. Pilihan paket outbound yang sesuai dengan usia anak. Biasanya, saat anak mengikuti kegiatan outbound, ada yang boleh melibatkan orang tua ada yang tidak. Jika orang tua tidak terlibat, anak akan dibimbing dan didampingi oleh para instruktur, sementara orang tua hanya mengawasinya.

Beberapa jenis permainan outbound yang diperuntukan untuk anak adalah:

1.       Snake Balloon atau Balon Ular

Dalam permainan ini kelompok yang masing-masing berjumlah lebih dari 5 orang. Cara permainannya : Anak-anak diminta membentuk barisan. Letakkan balon di sela-sela . Kemudian peserta diminta berjalan mengikuti rute yang berkelok-kelok dan melewati rintangan kecil. Peraturannya, balon tidak boleh dipegang. Usahakan agar peserta tidak menjatuhkan balon atau memecahkannya.

2.       Blinding Blind

Dalam Permainan ini Satu kelompok terdiri dari 5-7 orang. Satu sebagai pemimpinnya.Tutup anggota kelompok kecuali pemimpin yang akan berjalan paling depan.Minta peserta berpegangan tangan dan percaya kepada pemimpin kelompok. Instruktur outbound akan mengajak peserta berjalan sesuai dengan aba-aba pemimpin kelompok.Berjalan Di Atas Tali

Permainan ini sangat seru bagi anak-anak,  anak akan diminta untuk berpegangan pada tali dengan ketinggian yang disesuaikan dengan permainan untuk anak biasanya ada anak yang berani ada pula yang takut jatuh. Asalkan anak-anak dapat berpegangan dan bisa menjaga keseimbangan dalam permainan ini, maka anak dapat menyelesaikan tantangan ini. Permainan ini akan bermanfaat dalam melatih koordinasi tubuh, membantu menjaga keseimbangan, dan keberanian anak.

4.       Balap Ulat Bulu

Permainan ini dilakukan dengan membentuk 3-4 tim. Cara bermainnya, anak bergabung dengan tim yang terdiri dari 7-10 orang lalu berbaris lurus ke belakang dengan tangan berada di bahu teman di depannya. Cara bermainnya adalah belapan berjalan dengan regu lain dengan rute dan garis finish yang telah ditentukan dengan catatan barisan tidak boleh terputus. Supaya lebih seru, rute dapat divariasikan secara berkelok-kelok. Melalui permainan ini, anak belajar cara bekerja sama yang baik.

5.       Mencari Harta Karun

Permainan ini dilakukan dengan membentuk 3-5 kelompok,Cara bermainnua dengan instruktur outbound akan  Minta peserta mencari benda "harta Karun" yang telah disembunyikan oleh fasilitator di dalam area yang telah ditentukan. Peserta/ kelompok yang paling banyak mendapatkan benda "harta karun" tersebut akan menjadi pemenangnya.