Penyusunan jenis aktifitas dalam Outbound Training

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

 

Dalam kegiatan outbound training tidak terlepas dengan agenda – agenda aktifitas yang menunjang dan sesuai dengan tujuan dilakukannya outbound training, Penyusunan aktifitas yang berupa permainan outbound yang akan dilakukan juga harus sesuai dengan tujuan outbound training.Oleh karena itu dalam penyusunan program Provider Outbound harus memahami prinsip dinamika kelompok, dan perilaku manajemen yang harus dimunculkan dalam aktifitas pelatihan outbound.Tanpa memahami prinsip dinamika kelompok, prinsip perilaku manajemen maka kegiatan outbound training yang disusun akan tidak jelas kaitannya dengan kebutuhan pelatihan.

Berikut ini adalah alur proses penyelengaraan outbound :

TNA(Training Need Analysis)

TNA/pra outbound adalah analisis profil peserta pelatihan,tujuan pelatihan,sumber daya tersedia meliputi sumber daya tempat/alam, alat bantu pelatihan, waktu, biaya dan metode pelatihan.

Kurikulum

Menerjemahkan hasil analisis dari TNA menjadi label elemen kompetensi peserta yang akan dikembangkan.

Materi Pelatihan

Rancangan penyajian materi pelatihan berdasarkan kompetensi sesuai dengan kurikulum dalam bentuk simulasi/permainan, karena outbound dengan Experiental Curriculum,belajar dari pengalaman nyata dalam bentuk simulasi

Psikodrama Pelatihan

Suatu panduan untuk menyamakan presepsi para trainer/Fasilitator dalam penyajian materi pelatihan untuk memperkecil perbedaan cara memfasilitasi pada kelompok yang berbeda serta memperkecil penyimpangan pencapaian tujuan atas pelatihan. Psikodrama pelatihan berisi panduan atas setiap materi pelatihan/permainan yang meliputi Tujuan, SDM, Alat bantu, Waktu, Uraian singkat permainan, Prosedur permainan dan Pemahaman permainan/refleksi.

Pelaksanaan Pelatihan

Rangkaian pelaksanaan pelatihan dengan metode yang telah ditetapkan sesuai dengan TNA, Kurikulum dan Psikodrama.

Evaluasi

Pelaksanaan suatu permainan akan dievaluasi dalam pelaksanaan permainan dan makna pembelajaran yang didapat dari permainan dengan metode AKSI - REFLEKSI.

Laporan

Catatan teknis atas rangkaian pelatihan pada pra pelatihan hingga penutupan pelatihan dan rangkuman hasil pelatihan serta saran pengembangan bagi peserta pelatihan ( setelah mengamati performance peserta dan hasil pelatihan ).

Bagi anda yang ingin melakukan outbound training untuk perusahaan anda dan membangun semangat kerja yang tinggi untuk perusahaan anda dengan suasana alami dan outbound dengan harga murah? Anda dapat menghubungi kami di +62 31 372 0360- ext (227) atau  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. Ayo Gabung di Outbound Lembah Tentrem kami menerima outbound untuk di indonesia khususnya di jawa timur Malang, Surabaya, Pasuruan.