Kegiatan Outbound mampu Menanamkan Jiwa Nasionalisme pada Anak

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Semakin dengan perkembangannya zaman yang semakin maju dan dampak globalisasi juga, rasa nasionalisme terhadap anak semakin berkurang, dikarenakan anak cenderung lebih senang bermain dengan gadget atau barang – barang elektronik daripada membaca buku atau menonton film nasionalis kebangsaan. Langsung bagaimana cara agar memupuk sifat nasionalis kepada anak

            Salah satunya dengan melakukan kegiatan outbound training, mengapa harus outbound? Apakah benar dengan mengikuti outbound training dapat menumbuhkan sifat nasionalis kepada anak? Jawabannya iya benar dengan mengikuti outbound training anak berlatih tentang apa arti nasionalis dengan outbound adalah salah satu bentuk aktivitas luar ruang (outdoor activities) yang penuh dengan kegembiraan dan tantangan. Efektivitas pelatihan dicapai melalui lima tahapan proses, yaitu aksi, diskusi, refleksi, perencanaan perbaikan dan implementasi.

Adapun tujuan dari pelatihan Outbound adalah untuk membantu anak untuk memperoleh karakter, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi baik secara pribadi maupun sebagai anggota dari satu tim kerja.

Outbound Management Training mempunyai sasaran untuk menjadikan pembangunan sumber daya manusia yang tangguh, bermartabat dan sikap yang kokoh dengan berlandaskan pada empat nilai utama, yaitu profesionalisme, inovasi, patriotisme dan cinta alam dengan sasaran utama Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Manfaat OMT bagi peserta/partisipan akan memberikan peningkatan/ pengembangan potensi diri (sikap, wawasan nasionalis, daya inovasi, kepemimpinan, kerjasama tim dan kepercayaan diri)sesuai dengan rasa nasionalis dan budaya indonesia.