Apakah Perlu Perusahaan Melakukan Outbound Training ?

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Apa sih hubungan  antara mengikuti outbound management training dengan mengembangkan SDM di suatu perusahaan atau instansi , pasti banyak yang menanyakan tentang hal- hal seperti ini , apakah benar dengan mengikuti outbound traning berrmanfaat bagi perusahaan ? Pelatihan di alam terbuka akhir-akhir ini semakin populer di kalangan praktisi pelatihan SDM. Banyak perusahaan besar, maupun perusahaan kecil memanfaatkan metode outbound management training di dalam pengembangan SDM tak lain karena metode outbound sangat efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun prilaku SDM .

Berikut beberapa alasan kenapa metode Outbound training dipakai. Diantaranya sebagai berikut:

1. Metode outbound adalah sebuah simulasi kehidupan yang kompleks menjadi sederhana

Kehidupan dalam organisasi perusahaan yang sangat kompleks sebenarnya dapat disimulasikan kedalam suatu bentuk kegiatan yang sederhana. Permainan outbound training adalah cara untuk menggambarkan kehidupan yang kompleks dengan cara sederhana melalui penggunaan sebuah metafora. Permainan yang ditampilkan dalam outbound training adalah metafora dalam kehidupan kompleks tersebut.

2. Metode outbound menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman (experiental learning)

Outbound training menggunakan cara yang memberikan sebuah pengalam langsung kepada peserta pelatihan. Suatu kehidupan organinasi disimulasikan dalam sebuah kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh peserta program pelatihan outbound. Peserta langsung merasakan sukses dan gagal dalam sebuah kegiatan outbound training. Kalau sukses, peserta akan tahu, prilaku apa yang membuat mereka sukses. Kalau gagal, mereka juga akan segera tahu, prilaku mana yang menyebabkan kegagalan tersebut. Pendekatan outbound traning memudahkan pemahaman tentang konsep manajemen.

3. Metode outbound penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan.

Kegiatan pelatihan outbound training banyak sekali menggunakan aktifitas yang mirip permainan yang biasa dilakukan anak-anak. Permainan biasanya disukai hampir setiap orang, sehingga sangat menyenangkan dan semua peserta pelatihan bisa lepas dalam kegiatan outbound.

4. Metode outbound Mengajarkan tentang teamwork dan kedisplinan dalam menyelesaikan setiap tantangan.

Dalam Kegiatan pelatihan outbound training peserta diajak bermain dan bagaimana cara bekerja sama yang baik dalam menyeleseaikan setiap tantang- tantangan yang ada dalam setiap permainan dan bukan hanya itu saja ada dalam beberapa permainan yang memerlukan konsentrasi tinggi dan kedisplinan agar permainan dapat diselesaikan dengan baik  .