Macam-macam Permainan Outbound dan Manfaatnya

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

1.     Flying Fox

 

Permainan ini melatih keberanian dan ketegasan pemainnya dalam mengambil keputusan , walaupun sudah menggunakan alat pengamanan yang optimal peserta akan bertarung dengan rasa takutnya sebelum akhirnya memutuskan untuk melompat. Peserta akan meluncur dari sebuah pohon dengan menggunakan sling baja setelah meluncur pemain akan mengalamai sensasi yang luar biasa karena telah berhasil melawan rasa ketakutan.

 

2.     Paintball

 

Paintball adalah Permainan perang-perangan (wargame), menggunakan senjata semi otomatis yang menggunakan bola cat (paintball) sebagai peluru. Permainan ini termasuk permainan beresiko tinggi (High Impact Outbound). Manfaat dalam permainan ini yaitu untuk melatih ketangkasan, strategi yang matang, kerjasama, kekompakan, dan keberanian.

 

3.     Pipa Bocor

 

Alat yang digunakan untuk permainan ini adalah ; pipa bocor , penyangga, gelas aqua, dan bola pimpong. Tujuan dari permainan ini adalah berlatih mengatasi berbagai masalah, perencanaan yang matang, kecepatan, dan kerjasama. Adapun prosedur dalam permainan pipa bocor adalah :

1.     Masing – Masing kelompok diminta untuk berlomba mengeluarkan bola pimpong dari dalam dengan menggunakan air

        2.     Cara menuangkan air ke dalam pipa hanya boleh menggunakan gelas aqua yang telah disediakan 

 

4.     High Rope

 

High rope yaitu permainan panjat tali dengan ketinggian sekitar 4 sampai 7 meter. Permainan high rope didalam kegiatan outbound  bermanfaat untuk membentuk keberanian, kerjasama, kemandirian, dan kepemimpinan dalam mengatasi sebuah masalah.

 

5.     Evakuasi Bambu

 

Alat bantu yang digunakan dalam game adalah bambu, gelas, dan bola pimpong. Prosedur dalam permainan ini adalah bambu saling disejajarkan untuk jalannya bola hingga mencapai titik finish yang ditentukan. Tujuan permainan ini adalah melatih kerjasama yang komunikatif.

 

6.     Blind Walk

 

Langkah yang harus dilakukan oleh peserta adalah tiap-tiap peserta dalam kelompok diminta berjalan dengan mata tertutup (kecuali ketua kelompok) mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan ketua kelompok yang berjalan paling belakang, peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Kelompok yang pertama memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang. Pemaknaan dalam permainan ini adalah bagaimana kelompok mengatur strategi dan melatih kedisiplinan serta kerjasama kelompok. Tujuan permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan otak.

 

7.     Atomic Bom

 

Dalam permainan ini jumlah peserta tiap kelompok minimal 7 orang dan harus diselesaikan dalam waktu 20 menit. Alat bantu dalam permainan satu tujuan antara lain serangkaian tali, triplek , dan bola pimpong.

Permainan ini mempunyai tiga tujuan yaitu :

- Melatih kerjasama kelompok menuju satu tujuan dengan selamat

- Membentuk sikap pemimpin yang jeli dan jujur

- Melatih ketelitian dalam berkomunikasi.

 

8.     TRUST FALL

 

Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan menjatuhkan diri ke belakang dari sebuah platform yang tersedia dan rekan-rekan yang lain menangkapnya di bawah. Game ini bermanfaat untuk saling melindungi, kerjasama, dan ketangkasan.

 

9.     SPIDER WEB

 

Seluruh peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan dibantu rekan yang lain. Tujuan dalam permaian ini adalah kerjasama tim dalam mencapai target, inovasi-kreativitas, dan kedisplinan.

 

10. Arung Jeram/Rafting

 

Apakah anda pernah melakukan wisata outbound arung jeram atau biasa disebut dengan rafting? Arung jeram atau rafting sendiri adalah salah satu olahraga air yang bisa dikatakan ekstrem. Sekalipun arung jeram masuk dalam kategori olahraga yang ekstrim namun olahraga ini bisa dilakukan oleh semua orang baik orang tersebut sudah pernah ataupun belum pernah sama sekali. Tujuan dalam permainan ini adalah agar peserta bisa melawan rasa takut, merelaksasikan pikiran dan menghilangkan strees , dan membangun rasa kerja sama tim.